BRIN Latih Sivitas BIG dan BRIN Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Jurnal Ilmiah Terindeks Global

Cibinong. Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) menggelar “Pelatihan Penulisan Karya Tulis  Ilmiah dalam Jurnal Ilmiah Terindeks Global Tahun 2021” pada Rabu (03/11).

Plt. Direktur Pengembangan Kompetensi, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN, Sudi Ariyanto dalam sambutannya mengharapkan para peserta dapat meningkatkan motivasi untuk bisa menghasilkan publikasi karya tulis ilmiahnya di jurnal-jurnal internasional yang bermutu dan juga mendorong peningkatan jumlah paper-paper kita di jurnal-jurnal internasional.

“Dalam pelatihan, ada knowledge sharing dari pakar sekaligus praktisi dalam pengelolaan dan pengiriman paper ke jurnal-jurnal ilmiah internasional. Selain itu ada juga mindset menulis KTI di jurnal terindeks global, keperluan dan invensi dalam penulisan, strategi menulis KTI untuk jurnal terindeks global, review untuk penulisan KTI, coaching dan sales assesment,” terang Sudi.

Sudi berharap pula dari pelatihan selama 10 hari ini, peserta sungguh-sungguh dapat mengikuti pelatihan dengan baik secara daring dan kehadiran dapat dipenuhi yang diperlukan tak hanya untuk kepentingan peserta tetapi juga untuk organisasi sehingga ke depannya dapat meningkatkan jumlah KTI internasional dari Indonesia. “Teman-teman sekalian melalui pelatihan kelak akan menghasilkan naskah yang siap untuk disubmit ke jurnal internasional. Saya juga berharap bisa semakin banyak nama teman-teman sekalian menghiasi jurnal-jurnal internasional,” ucapnya.

Selanjutnya Sutrisno Heru Sukoco, Widyaiswara BRIN memaparkan pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Jurnal Ilmiah Terindeks Global yang diikuti oleh 20 orang peserta antara lain dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Pusat Riset Oseanografi OR IPK BRIN, Balai Bio Industri laut, Pusat Riset Laut Dalam BRIN, Pusat Penelitian Limnologi BRIN, dan Pusat Riset Geoteknologi BRIN.

“Kompetensi pelatihan  Penulisan Karya Tulis Ilmiah  dalam Jurnal Ilmiah Terindeks Global  yaitu mampu memenuhi standar mutu sebuah Karya Tulis Ilmiah Internasional bereputasi, menindaklanjuti saran perbaikan dan reviewer, serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah internasional bereputasi,” tegas Nino.

Sebagai informasi pelatihan  Penulisan Karya Tulis  Ilmiah dalam Jurnal Ilmiah Terindeks Global  yang diselenggarakan selama 10 hari kerja mulai tanggal 3 – 16 Nopember  2021 menggunakan  fully e-learning terdiri dari pembelajaran synchronous atau tatap muka maya dan asynchronous atau self learning atau mandiri melalui beberapa metode berbasis riset antara lain pemaparan, sumbang saran (brainstorming), studi kasus, diskusi, simulasi, demostrasi, problem solving, seminar, role play, penugasan, dan praktek bimbingan penulisan karya tulis ilmiah . (shf ed sl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


nineteen + twenty =