BRIN Latih Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti Gelombang VIII

Cibinong. Humas BRIN. Saat ini negara-negara maju menikmati peningkatan ekonomi dan kesejahteraan ditopang oleh hasil-hasil penelitian yang menjawab kebutuhan dari masyarakatnya. “Kita berharap bahwa Indonesia akan memiliki jumlah personil peneliti yang meningkat dan mampu menghasilkan, menemukan hasil penelitian yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” tutur Sudi Ariyanto selaku Plt. Direktur Pengembangan Kompetensi, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dalam kegiatan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti (PPJFP) Gelombang VIII, pada Senin (25/10).

Dirinya mengungkapkan bahwa di tahun 2045, dengan akan adanya Indonesia emas, berharap ada talenta nasional  peneliti 20%, SDM Iptek bergelar S3, yang  terus di dorong bisa menjadi tenaga-tenaga peneliti, talenta-talenta yang akan menopang kemajuan ekonomi di Indonesia.

“BRIN sudah memiliki program-program manajemen talenta dan sudah memberikan bantuan pendidikan dalam pelaksanaan program berbasis riset serta bisa memberikan kesempatan juga kepada mahasiswa untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi. Selain itu bisa juga berkolaborasi dengan para peneliti yang sudah ada di BRIN,” ungkap Sudi.

Sudi menjelaskan bahwa BRIN terus berkontribusi terhadap kemampuan peningkatan kuantitas dari peneliti di Indonesia menuju Indonesia emas, menopang pertumbuhan ekonomi dan semua ini untuk Indonesia sejahtera,” jelas Sudi.

Sudi meguraikan kurikulum PPJFP berupa proposal pelatihan, kemampuan untuk mendapat proposal, kode etik peneliti, pengembangan karir sebagai pejabat fungsional peneliti, penulisan proposal penelitian, dan membangun kompetensi sebagai peneliti pertama. “Saya berharap peserta PPJF memiliki kompetensi dalam rancang proses penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah dan dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagai peneliti ahli pertama berdasarkan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.

Sebagai informasi pelatihan pembentukan jabatan fungsional peneliti (PPJFP) yang dihelat BRIN melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) diselenggarakan selama 20 hari kerja, mulai tanggal 25 Oktober – 19 November 2021 dan diikuti 18 peserta menggunakan fully e-learning terdiri dari pembelajaran synchronous atau tatap muka maya dan asynchronous atau self learning atau mandiri. (shf ed sl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


2 × 3 =