Sosialisasi Pedoman Akreditasi Penerbit Ilmiah

Rabu, 8 Maret 2017, Pusat  Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti LIPI menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Kepala LIPI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Akreditasi Lembaga Penerbit Ilmiah. Tujuan dari pemberlakuan peraturan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penerbitan buku ilmiah sesuai dengan standar dan kaidah yang ditetapkan.

Dalam sambutannya Wakil Kepala LIPI menyampaikan bahwa saat ini banyak usaha perbitan ilmiah  yang tidak memiliki standar baku dalam menerbitkan hasil penelitian, baik dilihat dari sisi persyaratan administrasi maupun substansi. Konsentrasi penerbit hanya tertuju pada proses mencetak buku, namun lupa memperhatikan substansi buku itu sendiri, sehingga proses penelaahan terabaikan. Oleh karena itu LIPI sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Peneliti mengeluarkan peraturan terkait akreditasi lembaga penerbit ilmiah, sehingga hasil penelitian yang diterbitkan dapat dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dalam kegiatan ini Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI secara umum memaparkan isi kebijakan dari Pedoman Akreditasi Penerbit Ilmiah disusul dengan penjelasan petunjuk teknis aturan terkait oleh Kepala Bidang Penilaian dan Akreditasi. Pada kesempatan ini juga diinformasikan tentang  Komite Nasional Akreditasi Ilmiah (KNAPI)  yaitu sebuah komisi penilaian akreditasi  yang independen di bawah LIPI  yang memiliki struktur  dan tim penilai untuk melakukan proses assessment terhadap lembaga penerbit. Sekretariat KNAPI yang berkedudukan di Pusbindiklat Peneliti LIPI juga menyebarkan formulir usulan keanggotaan KNAPI kepada  40  penerbit ilmiah yang datang dan berkeinginan untuk menjadi anggota KNAPI. Diharapkan dengan adanya momen sosialisasi ini dapat membawa perubahan dalam dunia penerbitan buku ilmiah di Indonesia.

Untuk materi yang dipaparkan dalam kegiatan sosialisasi dapat diunduh pada link di bawah ini:

Komite Nasional Akreditasi Penerbit Ilmiah-sosialisasi 080317

Formulir Pencalonan KNAPI & Tim Penilai_07032

Mekanisme Mengajuan Akreditasi Penerbit Ilmiah

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


twelve − 1 =