Output Diklat

DIKLAT JABATAN FUNGSIONAL PENELITI TINGKAT PERTAMA

Diklat Jabatan Fungsional Peneliti Tingkat Pertama (JDFP Tk.I) mempunyai tujuan untuk memberikan bekal kepada kandidat peneliti, kompetensi yang dibutuhkan untuk jabatan Peneliti Pertama sampai dengan Peneliti Muda. Salah satu output yang wajib dihasilkan sebagai prasyarat kelulusan diklat ini adalah manuskrip artikel untuk diterbitkan di jurnal nasional.

IMG_1629

Peneliti merupakan jabatan fungsional keahlian yang membutuhkan keterampilan khusus dalam hal penulisan ilmiah, oleh karena itu pada diklat ini proses pembimbingan penulisan ilmiah mendapat porsi paling besar. Peserta dibimbing oleh peneliti madya yang telah mempunya track record penulisan ilmiah dibidangnya. Produk dari peserta DJFP Tk I dapat diakses di perpusatakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.

 

 

 

DIKLAT JABATAN FUNGSIONAL PENELITI TINGKAT LANJUTAN

jurnal-akreditasi-internasional
Gambar dari www.dkampus.com

Diklat Jabatan Fungsional Peneliti Tingkat Lanjutan (DJFP Tk. Lanjutan) mempunyai tujuan sebagai prasyarat bagi Peneliti Pertama atau Muda untuk naik ke jenjang jabatan Peneliti Madya/Utama. Salah satu output yang wajib dihasilkan sebagai prasyarat kelulusan diklat ini adalah manuskrip artikel untuk diterbitkan di jurnal internasional. Standar kompetensi yang dipersyaratkan pada jenjang tertinggi Peneliti Utama salah satunya adalah publikasi internasional. Oleh karena itu pada diklat ini peserta mendapatkan pemahaman dan strategi untuk menulis dalam Bahasa Inggris dan mampu melakukan submitting di jurnal internasional. Peserta dibimbing oleh Peneliti Madya yang telah mempunya track record penulisan ilmiah di jurnal bereputasi internasional. Produk dari peserta DJFP Tk. lanjutan ini dapat diakses di perpusatakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.

 

DIKLAT PRAJABATAN

Diklat PRAJABATAN Gol. III Pola baru bertujuan untuk menghasilkan aparatur sipil negara yang profesional dimana karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar PNS, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan publik. Nilai-nilai dasar akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi. Hasil akhir dari Diklat Prajabatan adalah laporan aktualisasi yang diseminarkan di akhir diklat. Laporan aktualisasi peserta dapat diakses di perpustakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.

 

 

 

 

 

DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

IMG_1630

Penugasan bagi peserta diklat selama off campus adalah melakukan inovasi dengan menggandeng tim efektif maupun stakeholder terkait untuk menghasilkan terobosan-terobosan dalam meaksanakan tugas fungsi yang diemban. Laporan hasil proyek perubahan dapat dilihat di Perpustakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.