Sejarah

Sejarah Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti-LIPI

 

gambar1

Pusbindiklat Peneliti-LIPI adalah satuan kerja setingkat eselon II yang merupakan hasil perkembangan organisasi, pembaharuan struktur dan penyempurnaan tugas dan fungsi LIPI sebagai instansi pembina jabatan fungsional peneliti. Embrio dari Pusbindiklat Peneliti-LIPI berasal dari Bagian Jabatan Fungsional dan Bagian Pendidikan dan Pelatihan. Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI (sekarang Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia) yang digabung menjadi satu dan berubah nama menjadi Pusbindiklat Peneliti Peneliti-LIPI.

Perubahan tersebut membuat peran Pusbindiklat Peneliti-LIPI menjadi lebih luas dan terarah dalam mengemban fungsi LIPI sebagai instansi pembina jabatan fungsional peneliti, termasuk melakukan pembinaan dan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan peneliti. Mendorong upaya peningkatan kapasitas instansi penelitian dan pengembangan di pusat maupun daerah, yang lebih mengarah pada peningkatan kompetensi dan produktivitas peneliti. Dengan demikian, kualitas output dan outcome yang dihasilkan sesuai dengan harapan para pemangku kepentingan. Kantor Pusbindiklat Peneliti-LIPI berlokasi di kompleks Cibinong Science Center, Jl. Raya Bogor Km. 46 yang resmi dioperasionalkan sejak tanggal 21 Juli 2006.

 

gambar2

Berdasarkan Keputusan Ketua LIPI Nomor 1151/M/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja LIPI, jo Nomor 3212/M/2004 tanggal 28 Oktober 2004, tentang Perubahan Atas Organisasi dan Tata Kerja LIPI yang direvisi menjadi Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja LIPI, Pusbindiklat Peneliti-LIPI bertugas untuk melaksanakan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan non peneliti serta teknis dan kedinasan. Pusbindiklat Peneliti-LIPI dipimpin oleh seorang Kepala yang secara fungsional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala LIPI, dan secara administratif berada di bawah dan bertanggung jawab terhadap Sekretaris Utama LIPI.

 

TUGAS DAN FUNGSI

No. Tugas dan Fungsi Bidang/Bagian Tugas dan Fungsi

Sub Bagian/Sub Bidang

1. Bidang Program Kerja Sama dan Evaluasi

Tugas melaksanakan penyusunan rencana, program, kerja sama, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan nonpeneliti serta teknis dan kedinasan.

Fungsi:

a.      pelaksanaan penyusunan rencana dan program;

b.      pelaksanaan kerja sama dan informasi; dan

c.      pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan nonpeneliti serta teknis dan kedinasan

 

(1)     Subbidang Program mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana, program pembinaan administrasi peneliti dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti, nonpeneliti, teknis terkait dan kedinasan.

(2)     Subbidang Kerja Sama dan Informasi mempunyai tugas melakukan kerja sama, dokumentasi dan informasi.

(3)     Subbidang Evaluasi mempunyai tugas melakukan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan nonpeneliti serta teknis

2. Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan

Tugas melaksanakan koordinasi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan.

Fungsi:

a.   penyiapan koordinasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti; dan

b.   penyiapan koordinasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan fungsional nonpeneliti, teknis terkait dan kedinasan.

 

(1)     Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Peneliti mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti.

(2)     Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Kedinasan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional nonpeneliti, teknis terkait dan kedinasan.

3. Bidang Penilaian dan Akreditasi

Tugas melaksanakan penyiapan penilaian dan akreditasi peneliti jabatan fungsional peneliti.

Fungsi:

a.   penyiapan penilaian dan penetapan angka kredit peneliti;

b.   penyiapan akreditasi peneliti; dan

c.   koordinasi dan pelaksanaan pengukuhan Peneliti Utama menjadi Profesor Riset.

 

(1)        Subbidang Penilaian dan Penetapan Angka Kredit mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penilaian dan penetapan angka kredit peneliti.

(2)        Subbidang Akreditasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan urusan akreditasi peneliti.

 

4. Bagian Tata Usaha

Tugas melaksanakan urusan tata usaha.

Fungsi:

a.    pelaksanaan urusan keuangan; dan

b.    pelaksanaan urusan kepegawaian, persuratan, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga, dan inventarisasi barang milik negara.

 

(1)     Subbagian Keuangan mempunyai tugas melakukan urusan keuangan.

(2)     Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian, pemeliharaan sarana, persuratan, kearsipan, pengelolaan perlengkapan, inventarisasi barang milik negara, dan rumah tangga.

5. Kelompok Jabatan Fungsional

Tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.