Sarana dan Prasarana




Sarana dan prasarana yang tersedia di kampus Pusbindiklat Peneliti LIPI Cibinong saat ini adalah gedung administrasi, gedung kelas, gedung asrama, dan ruang makan besar, selasar penghubung, serta tempat parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Fasilitas dari sarana dan prasarana yang sudah tersedia meliputi:

  1. Gedung Administrasi memiliki dua lantai, dimana lantai satu terdiri dari ruang tunggu tamu, beberapa ruangan kerja berstandar (dilengkapi meja/kursi kerja, lemari, filling kabinet, komputer dan telepon), satu ruang penyimpanan data peneliti, satu ruang rapat besar, dapur dan gudang. Sedangkan di lantai dua terdiri beberapa ruangan kerja berstandar, mushola, satu ruang rapat besar yang dapat menampung sekitar 40 orang. Ruang rapat besar ini dilengkapi dengan sound system di masing-masing meja, LCD beserta kelengkapannya. Gedung administrasi ini menggunakan AC Split, Local Area Network (LAN), WiFi Zone, dan dilengkapi dengan CCTV.
  2. Gedung Kelas memiliki dua lantai, dimana lantai satu terdiri dari dua ruang kelas, ruang sekretariat, ruang tunggu pengajar dan mushola, sedangkan di lantai dua terdiri dari dua ruang kelas, satu ruang outbound indoor, satu ruang baca/perpustakaan. Setiap kelas dilengkapi dengan AC split, LCD, layar, meja-kursi belajar dan satu lemari untuk menyimpan bahan/materi diklat. Gedung kelas ini dilengkapi dengan Local Area Network (LAN) dan WiFi Zone, sehingga peserta diklat dapat mengakses ke sumber-sumber informasi/data, juga dilengkapi dengan CCTV.
  3. Gedung Asrama memiliki dua lantai, dimana masing-masing lantai terdiri dari 24 kamar, sehingga jumlah kamar seluruhnya sebanyak 48 kamar yang setiap kamarnya dilengkapi dengan AC split, televisi 21”, saluran telepon, water heater, dua tempat tidur dan satu extra bed, satu meja cermin, dua set meja dan kursi belajar, satu lemari dua pintu dan tempat handuk. Setiap kamar dilengkapi dengan balkon yang dapat dipergunakan untuk menjemur pakaian. Gedung asrama ini memiliki empat lobby yang dilengkapi dengan meja dan kursi tamu (sice) dan tempat minum (dispenser), serta dapat dipergunakan untuk diskusi dan/atau menonton televisi bersama, juga dilengkapi dengan CCTV.
  4. Gedung Ruang Makan, terdiri dari ruang makan besar dengan kapasitas 200 orang, ruang dapur bersih, ruang saji, gudang, dan toilet. Gedung ruang makan ini dilengkapi dengan kursi busa dan meja bundar serta empat unit standing AC, sehingga cukup nyaman. Selain digunakan sebagai tempat makan, gedung ini juga digunakan untuk acara-acara pertemuan, rapat kerja, dan lain sejenisnya.
  5. Gedung Gazebo, digunakan untuk kegiatan outdoor seperti kegiatan outbond. Gedung Gazebo juga bisa dialihkan untuk mushola
  6. Fasilitas Hotspot, untuk menunjang kegiatan perkantoran dan kegiatan diklat bagi para peserta diklat. Saat ini, di Pusbindiklat sudah terdapat beberapa titik hotspot untuk mengakses internet. Area hotspot yang tersedia yaitu di gedung Administrasi, gedung Kelas, dan gedung Ruang Makan. Untuk gedung Administrasi fasilitas internet hanya digunakan untuk pegawai di lingkungan LIPI dan tamu yang berkunjung. Sedangkan untuk peserta diklat disediakan di Gedung Kelas dan Gedung Ruang Makan;
  7. Selasar Penghubung, merupakan prasarana penghubung antara gedung kelas, asrama dan ruang makan besar;
  8. Tempat Parkir kendaraan roda dua dan roda empat tersedia dibeberapa tempat, diantaranya di samping Gedung Administrasi untuk kendaraan roda dua dan untuk kendaraan roda empat di depan Gedung Kelas.