Indeks Kepuasan Masyarakat

HASIL EVALUASI LAYANAN PUSBINDIKLAT PENELITI LIPI

 

Hasil evaluasi layanan Pusbindiklat Peneliti LIPI tertuang dalam laporan Indeks Kepuasan masyarakat (IKM). IKM adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggung jawabkan pelaksanaan kegiatan dan umpan baliknya dari stakeholder, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei  Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Adapun hasil dari IKM layanan Pusbindiklat Peneliti LIPI sebagai berikut;

A. Pelayanan Penilaian dan Penetapan Angka Kredit

Tabel Indeks Kepuasan Pelayanan Penilaian dan Penetapan Angka Kredit

No Unsur Pelayanan Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Nilai Unsur Pelayanan Penilaian dan Penetapan Angka Kredit No IKM per Unsur Pelayanan
1 Kejelasan informasi prosedur pelayanan 2.78 0.23
2 Kejelasan informasi dari petugas 3 0.3
3 Kedisiplinan petugas dalam memberikan pelayanan 3.05 0.30
4 Tanggungjawab petugas 3.21 0.32
5 Kompetensi petugas 3.19 0.32
6 Kecepatan respon pelayanan 3.12 0.31
7 Sikap petugas dalam pemberian pelayanan 3.20 0.32
8 Ketepatan dan transparansi pelaksanaan 3.07 0.30
9 Kenyamanan lingkungan pusbindiklat 2.98 0.29
10 Keamanan dokumen/ data 2.12 0.32
 IKM Total 3.07
Konversi  IKM Total 76.90

 

B. Layanan Sosialisasi

Hasil keseluruhan nilai evaluasi sosialisasi dapat dilihat pada tabel dibawah ini;

Keterangan

Sosialisasi OJS

Sosialisasi e-peneliti

Nilai Pelaksanaan Sosialisasi 81.66881 86.69234
Nilai Performa Narasumber 77.94303 82.08073
Nilai rata-rata 79.80592 84.38654
Nilai Sosialisasi Keseluruhan 82.09623

 

Dari dua tema sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh Pusbindiklat Peneliti LIPI, maka secara keseluruhan nilai evaluasi pelaksanaan sosialisasi mendapatkan predikat sangat baik dengan nilai 84,38654. Dengan predikat yang sangat baik ini tentunya Pusbindiklat Peneliti LIPI harus terus menjaga dan meningkatkan nilai tersebut. Selain itu, masih banyak juga terdapat kritik dan saran yang harus dibenahi Pusbindiklat Peneliti LIPI dalam melaksanakan sosialisasi.

C. Layanan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

             Tabel Nilai IKM Pelayanan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah tahun 2016

NO

KETERANGAN

NILAI IKM

1 IKM Pelayanan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode 1 74,5455
2 IKM Pelayanan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode 2 78,75
3 IKM Pelayanan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode 3 79,6875
TOTAL NILAI IKM 232,983
IKM Pelayanan ATBI 77,661

 

Dengan demikian setelah dijumlah secara keseluruhan dari tiga kali survei, nilai IKM yang didapat dalam pelayanan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah tahun 2016 adalah 77,661. Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan, IKM bernilai 77,661 termasuk dalam kategori B sehingga kinerja pelayanan akreditasi majalah ilmiah berarti Baik.

 

D. Layanan Widyariset

             Tabel Nilai IKM Pelayanan Pengelolaan Widyariset tahun 2016

NO

KETERANGAN

NILAI IKM

1 IKM Pengelolaan Widyariset Vol.2 No.1 85,085
2 IKM Pengelolaan Widyariset Vol.2 No.2 81,6156
TOTAL NILAI IKM 166,7006
IKM Pelayanan ATBI 83,3503

 

Dengan demikian setelah dijumlah secara keseluruhan, nilai IKM yang didapat dalam pengelolaan Widyariset tahun 2016 adalah 166,7006. Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan, IKM bernilai 83,3503 termasuk dalam kategori A sehingga kinerja pengelolaan Widyariset berarti Sangat baik.