Profil

Pusbindiklat Peneliti – LIPI merupakan salah satu unit kerja yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala LIPI Nomor 3212/M/2004 tanggal 28 Oktober 2004, tentang Perubahan Atas Keputusan Ketua LIPI Nomor 1151/M/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja LIPI. Selanjutnya, pada  tanggal 16 Mei 2014 dalam rangka mendukung Reformasi Birokrasi, LIPI melakukan restrukturisasi unit kerja eselon II, III, dan IV di lingkungannya. Pusbindiklat Peneliti -LIPI, menjadi salah satu unit kerja yang mengalami perubahan struktur organisasi yang cukup signifikan.

Berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja LIPI – pasal 403, Pusbindiklat Peneliti-LIPI bertugas melaksanakan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan non peneliti serta teknis dan kedinasan. Pusbindiklat Peneliti-LIPI dipimpin oleh seorang Kepala yang secara fungsional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala LIPI (sebelumnya secara fungsional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Utama LIPI) dan secara administratif berada di bawah dan bertanggung jawab terhadap Sekretaris Utama.

Berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja LIPI pasal 404, disebutkan bahwa Pusbindiklat Peneliti-LIPI menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan kebijakan teknis, rencana, dan program, serta kerja sama pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional   peneliti dan non peneliti serta teknis dan kedinasan;
  2. Penyiapan penilaian dan akreditasi peneliti;
  3. Pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan non peneliti serta teknis dan kedinasan;
  4. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan non peneliti serta teknis dan kedinasan; dan
  5. Pelaksanaan urusan tata usaha.

Pusbindiklat Peneliti-LIPI untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi yang diembannya secara lebih profesional sesuai dengan visi yang ditetapkan dalam rencana kegiatan tahun 2010-2015, yaitu:

“Menjadi Model Lembaga Pembinaan SDM yang Prima dalam Pelayanan, Unggul dalam Pendidikan dan Pelatihan Peneliti”

Untuk mencapai visi tersebut Pusbindiklat Peneliti-LIPI menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Membina dan mengembangkan jabatan peneliti untuk mampu menjawab tantangan pembangunan dan mampu menjadi acuan bagi jabatan fungsional lainnya;
  2. Menjalin kemitraan dan kerja sama antarinstansi dan lembaga internasional, nasional, dan daerah dalam menumbuhkan kesamaan persepsi penelitian dan pengembangannya;
  3. Mewujudkan masyarakat peneliti yang beretika dan berkarakter;
  4. Mengusahakan kompensasi bagi peningkatan kesejahteraan peneliti;
  5. Menyediakan standar peraturan peneliti secara nasional;
  6. Mewujudkan diklat bagi peneliti dan non peneliti yang bermutu dan berkualitas;
  7. Membentuk iklim, sarana, prasarana, dan struktur kelembagaan litbang yang produktif, inovatif, kreatif, efektif, dan efisien.

Berikut Tabel Tugas dan Fungsi Bagian/Bidang di bawah Pusbindiklat Peneliti-LIPI

No.

Tugas dan Fungsi Bidang/Bagian

Tugas dan Fungsi  Sub Bagian/Sub Bidang

1.

Bidang Program Kerja Sama dan Evaluasi

Tugas melaksanakan penyusunan rencana, program, kerja sama, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan nonpeneliti serta teknis dan kedinasan.

Fungsi:

  1. pelaksanaan penyusunan rencana dan program;
  2. pelaksanaan kerja sama dan informasi; dan
  3. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan

pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan nonpeneliti serta teknis dan kedinasan

  1. Subbidang Program mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana, program pembinaan administrasi peneliti dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti, nonpeneliti, teknis terkait dan kedinasan.
  2. Subbidang Kerja Sama dan Informasi mempunyai tugas melakukan kerja sama, dokumentasi dan informasi.
  3. Subbidang Evaluasi mempunyai tugas melakukan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pembinaan administrasi peneliti, dan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti dan nonpeneliti serta teknis dan

 

2.

Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan

Tugas melaksanakan koordinasi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan.

Fungsi:

  1. penyiapan koordinasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti; dan
  2. penyiapan koordinasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan fungsional nonpeneliti, teknis terkait dan kedinasan.

 

  1. Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Peneliti mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional peneliti.
  2. Subbidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Kedinasan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional nonpeneliti, teknis terkait dan kedinasan.

3.

Bidang Penilaian dan Akreditasi

Tugas melaksanakan penyiapan penilaian dan akreditasi peneliti jabatan fungsional peneliti.

Fungsi:

  1. penyiapan penilaian dan penetapan angka kredit peneliti;
  2. penyiapan akreditasi peneliti; dan
  3. koordinasi dan pelaksanaan pengukuhan Peneliti Utama menjadi Profesor Riset;
  1. Subbidang Penilaian dan Penetapan Angka Kredit mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penilaian dan penetapan angka kredit peneliti.
  2. Subbidang Akreditasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan urusan akreditasi peneliti.

 

4.

Bagian Tata Usaha

Tugas melaksanakan urusan tata usaha.

Fungsi:

  1. pelaksanaan urusan keuangan; dan
  2. pelaksanaan urusan kepegawaian, persuratan, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga, dan inventarisasi barang milik negara.

 

  1. Subbagian Keuangan mempunyai tugas melakukan urusan keuangan.
  2. Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian, pemeliharaan sarana, persuratan, kearsipan, pengelolaan perlengkapan, inventarisasi barang milik negara, dan rumah tangga.

 

5.

Kelompok Jabatan Fungsional

Tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.