Profil

Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Pusbindiklat Peneliti LIPI) merupakan unit kerja eselon II berdasarkan Keputusan Kepala LIPI No 3212/M/2004 yang mengemban fungsi LIPI sebagai Pembina Peneliti Nasional dan bertanggungjawab terhadap standar mutu pendidikan dan pelatihan penelitinya. Baik standar mutu diklat fungsional peneliti, diklat teknis pendukung maupun standar mutu terhadap pembinaan jabatan peneliti beserta pelayanannya.

Tugas yang diemban Pusbindiklat Peneliti LIPI adalah:

  1. Melaksanakan urusan kepegawaian, keuangan, persuratan, perlengkapan, rumah tangga dan ketertiban serta pemeliharaan sarana dan prasarana;
  2. Melaksanakan penyusunan program, kurikulum, materi, pengkajian dan evaluasi pembinaan serta pendidikan dan pelatihan;
  3. Melaksanakan koordinasi dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan fungsional Peneliti pusat dan daerah, serta pendidikan dan pelatihan teknis serta kedinasan bagi pegawai LIPI;
  4. Melaksanakan penyiapan bahan penilaian angka kredit dan penetapan angka kredit serta akreditasi, penyuluhan dan informasi jabatan fungsional peneliti pusat dan daerah.

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas-tugasnya maka program-program Pusbindiklat Peneliti LIPI dilaksanakan oleh :

  1. Bagian Tata Usaha
  2. Bidang Perencanaan dan Pengembangan
  3. Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan
  4. Bidang Penilaian dan Akreditasi

Visi dan Misi

Visi dan Misi

Prima dalam Pelayanan, Unggul dalam Pembinaan dan Pengembangan Peneliti

Misi Pusbindiklat Peneliti adalah :

  1. Membina dan mengembangkan jabatan peneliti untuk mampu menjawab tantangan pembangunan serta mampu menjadi acuan bagi fungsional lainnya
  2. Menjalin kemitraan dan kerjasama antar instansi Departemen dan lembaga internasional, nasional dan daerah dalam menumbuhkan kesamaan persepsi penelitian dan pengembangannya
  3. Membentuk iklim, sarana, prasarana dan struktur kelembagaan litbang yang produktif, inovatif, kreatif, efektif dan efisien
  4. Mewujudkan masyarakat peneliti yang beretika dan berkarakter
  5. Tersedianya standar peraturan-peraturan peneliti secara nasional
  6. Terlaksananya penyelenggaraan diklat peneliti secara prima dan unggul
  7. Terwujudnya diklat-diklat teknis bagi peneliti

Sejarah

Sejarah Pusbindiklat Peneliti