LIPI laksanakan Pelatihan Dasar 151 CPNS di Kampus Cibinong

Selasa 3 April 2018 bertempat di Kampus Pusbindiklat Peneliti-LIPI, dilaksanakan pembukaan Pelatihan Dasar (latsar) CPNS LIPI Golongan III oleh Plt. Sekretaris Utama LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko. Latsar yang dimulai pada tanggal 2 April 2018 dan berakhir pada 21 September 2018 dilaksanakan dengan system on off campus. Pelatihan ini diselenggarakan dalam 3 tahap, yaitu tahap pertama Pembentukan Karakter PNS dan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti, tanggal 2 April s.d. 9 Mei 2018; tahap kedua Pelaksanaan Aktualisasi di satuan kerja masing-masing (off campus) dan tahap ketiga Evaluasi Aktualiasi, tanggal 17-21 September 2018.

Latsar yang diikuti oleh 151 orang yang berasal dari empat (4) kedeputian LIPI dan lingkungan Wakil Kepala LIPI. Dalam sambutannya, Handoko menyampaikan bahwa tujuan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III LIPI ini adalah untuk membentuk PNS LIPI yang profesional dan berkarakter. Pembentukan karakternya dibentuk melalui sikap dan perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta membentuk PNS LIPI khususnya Peneliti, yang menguasai bidang tugasnya, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Latsar ini juga merupakan program pelatihan terintegrasi dengan pelatihan pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas dan fungsi penelitian, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Tujuan tersebut terlaksana dalam proses transfer pengetahuan dan sharing pengalaman, serta serangkaian interaksi yang saling mendukung dan menguatkan komitmen sebagai Peneliti di lingkungan LIPI.
Di akhir sambutannya Handoko juga menegaskan bahwa terdapat hal yang harus dijadikan pedoman dalam pelaksanaan latsar ini, yaitu: 1). Tingkatkan keimanan, ketaqwaan, dan etika sebagai landasan moral dalam berfikir, bersikap dan bertindak agar kalian selalu mendapat perlindungan dan bimbingan-Nya; 2). Segera sesuaikan diri dengan lingkungan pelatihan, konsentrasikan pikiran dan jaga kesehatan, agar kalian semua dapat menyelesaikan pelatihan ini dengan baik dan 3). Pelihara disiplin dan rasa kebersamaan, serta hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun nama baik LIPI.(DR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


twenty − 10 =