LIPI Kukuhkan kembali Tiga Profesor Riset Kementerian Kelautan dan Perikanan

Orasi Profesor Riset KKP

Jakarta, Selasa (22/11), Hanya berselang dua belas hari setelah mengukuhkan Profesor Riset Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang bertepatan dengan Hari Pahlawan yang lalu, kali ini (Selasa, 22/11) LIPI kembali mengukuhkan tiga orang Profesor Riset dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, yaitu Prof. Dr. Agus Heri Purnomo, M. Sc., bidang Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Prof. Dr. Agus Djoko Utomo, M.Si., bidang Perikanan Tangkap, dan Prof. Dr. Ekowati Chasanah, M.Sc., bidang Pengolahan Hasil Perikanan, bertempat di di Ballroom Gedung Mina Bahari 3, Jl. Merdeka Timur No. 16 Jakarta Pusat.

Prof. Dr. Agus Heri Purnomo, M. Sc membawakan orasi ilmiah berjudul “Model Pengelolaan Lokal Adaptif Terpadu (PLAT) untuk Optimalisasi Manfat Sumber Daya Hayati Laut Nonkonvensional” sebagai acuan operasional dari konsep Blue Economy. Orasi ilmiah kedua dibawakan oleh Prof. Dr. Agus Djoko Utomo, M.Si.,, dengan judul orasi “Optimalisasi Pengelolaan Suaka Perikanan di Rawa Banjiran untuk Kelestarian Sumber Daya Ikan”. Melalui orasinya, Agus Djoko mengharapkan dengan optimalisasi pengelolaan suaka perikanan di rawa banjiran untuk pelestarian dan peningkatan produksi ikan, produksi perikanan tangkap dapat meningkat.

Orasi ketiga dibawakan oleh Prof. Dr. Ekowati Chasanah, M.Sc., dengan judul “Bioprospeksi Enzim Mikroba Laut sebagai Landasan pengembangan Bioindustri di Indonesia”. Dalam orasinya Ekowati menyampaikan bioprospeksi enzim mikroba laut sebagai landasan pengembangan bioindustri yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai enzim kunci dalam produksi ingredient pangan fungsional, pengganti pengawet kimia dan berpotensi sebagai enzim terapi.

Pengukuhan tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Litbang Kelautan dan Perikanan, M. Zulficar Mochtar., Kepala LIPI, Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Kapusbindiklat Peneliti LIPI, Prof. Dr. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc., Para Profesor Penilai Naskah Orasi yang berasal dari Kementerian KP, Kementerian Pertanian, BPPT dan LIPI, 10 Profesor Riset Pendamping dari Kementerian KP, dan para pejabat struktural di lingkungan Kementerian KP serta Undangan yang berasal dari berbagai Kalangan dan Profesi.

Dalam sambutannya, M. Zulficar Mochtar mewakili ​Menteri Kelautan dan Perikanan berharap riset ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan, riset perikanan tangkap, serta riset pengolahan hasil perikanan dapat mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa datang. Zulficar juga menegaskan bahwa IPTEK adalah bagian integral dari seluruh pelayanan pada masyarakat. Dengan IPTEK, kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat dapat tercapai. Hasil penelitian harus menjadi landasan utama penerbitan setiap kebijakan sehingga secara filosofis rasa keadilan maupun secara sosiologis dapat diterima oleh masyarakat karena bermanfaat bagi mereka. Zulficar menambahkan, IPTEK adalah wujud pengabdian pada bangsa dan negara. Zulficar juga berharap Pengukuhan Profesor ini dapat memotivasi semua pejabat fungsional peneliti agar lebih produktif lagi.

“Terakhir, saya ingin mengajak kepada seluruh Profesor Riset, khususnya yang dikukuhkan hari ini, untuk memberikan karya terbaiknya bagi masyarakat Indonesia, dan bagi kejayaan bangsa dan negara, maupun bagi kelangsungan hidup berbangsa dan antar bangsa,” tutupnya.

​Sebagai informasi bahwa ketiga Profesor Riset Kementerian Kelautan dan Perikanan yang baru dikukuhkan tersebut adalah Profesor Riset yang ke-26, 27 dan 28 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Profesor Riset yang ke-466, 467 dan 468 secara Nasional.

(Suzan Lesmana)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


5 − 3 =