LIPI Anugerahkan Gelar Profesor Riset Kehormatan Untuk Pertama Kalinya

Jakarta, Rabu (20/12), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali mengukuhkan sekaligus empat profesor risetnya di tahun 2017 ini, yaitu Prof. Dr. Ir. Florentinus Firdiyono dari Pusat Penelitian Metalurgi LIPI, Prof. Dr. Lili Romli, M.Si. dari Pusat Penelitian Politik LIPI, Prof. Dr. Ir. Rachmini Saparita, M.T. dari Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI, dan Prof. Dr. Ir. Akmadi Abbas, M.Eng.Sc. dari Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Rabu, 20 Desember 2017, bertempat di Auditorium LIPI, Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta. Pada Agustus 207 yang lalu, LIPI juga telah mengukuhkan tiga profesor risetnya sehingga total 7 Profesor Riset dihasilkan LIPI di tahun 2017.
Profesor Florentinus Firdiyono menyampaikan orasi ilmiah bidang Metalurgi Ekstraksi berjudul “Metalurgi Ektsraktif Ilmenit dan Nikel Laterit Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Mineral”. Sedangkan, Profesor Lili Romli menyampaikan orasi ilmiah bidang Politik dan Pemerintahan Indonesia berjudul “Problematik Institusionalisasi Partai Poklitik di Indonesia Era Reformasi”. Sementara orator ketiga, Profesor Rachmini Saparita menyampaikan orasi bidang Informasi dan Komunikasi Pertanian berjudul “Membangun Sistem Inovasi Pertanian Daerah Untuk Meningktakan Pemanfaatan Teknologi Pada Masyarakat Tani”.
Ada yang berbeda dalam Pengukuhan Profesor Riset kali ini seperti yang ditekankan dalam judul artikel karena LIPI menganugerahkan Profesor Riset Kehormatan untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Pengukuhan Profesor Riset kepada Almarhum Dr. Ir. Akmadi Abbas, M.Eng.Sc. dari Pusat Penelitian Biomaterial LIPI yang telah menyelesaikan naskah orasinya di bidang Teknologi Pascapanen berjudul “Inovasi Teknologi Pascapanen Padi Untuk Peningkatan Daya Saing dan Pendapatan Petani” sebelum almarhum wafat. Penyerahan Widyamala dan Piagam Profesor Riset diserahkan Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Prof. Dr. Ir. Bambang Subiyanto, M.Agr. kepada isteri almarhum.
Pengukuhan tersebut dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Prof. Dr. Ir. Bambang Subiyanto, M.Agr. selaku Ketua Majelis Pengukuhan Profesor Riset, Kapusbindiklat Peneliti LIPI, Prof. Dr. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc., selaku Sekretaris Majelis Pengukuhan Profesor Riset, para Profesor Riset Penilai Naskah Orasi yang terdiri dari Prof. Ir. Jimmy Pusaka, M.Sc. (LIPI), Prof. Dr. Wahjoe Suprihantoro (LIPI), Prof. Dr. Syamsuddin Haris (LIPI), Prof. Dr. Siti Zuhro, M.A. (LIPI), Prof. Dr. Ir. Carunia Mulya Firdausy, M.A (LIPI), Prof. Dr. Ir. Binarko Santoso. (Kementerian ESDM), Prof. Dr. Burhan Djabir Magenda, M.A. (Universitas Indonesia) (LIPI), Prof. Dr. Rosichon Ubaidillah, M. Phill. (LIPI), Prof. Dr. Ir. Pantjar Simatupang, M.S. (Kementerian Pertanian), dan Profesor Pendamping dari LIPI, serta para pejabat struktural di lingkungan LIPI serta Undangan yang berasal dari berbagai Kalangan dan Profesi antara lain Ketua Partai Kebangkitan Bangsa, Drs. H. Muhaimin Iskandar, M.Si. yang merupakan kolega dari Prof. Dr. Lili Romli, M.Si. Pengukuhan ditutup oleh Plt. Kepala LIPI sekaligus menginformasikan bahwa keempat Profesor Riset LIPI yang baru dikukuhkan tersebut adalah Profesor Riset yang ke-119, 120, 121 dan ke-122 dari LIPI dan Profesor Riset yang ke-483, 484, 485 dan ke-486 dari 9.650 peneliti secara Nasional. (SL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


four + fifteen =