Studi Sambil Berkerja, Manfaatkan Peluang Program by Research IPB-LIPI.


IPB Dramaga, 18 Desember. Bertempat di gedung Sekolah Pascasarjana IPB diselenggarakan Workshop Pascasarjana by research oleh LIPI bekerjasama dengan IPB. IPB menjadi salah satu mitra kerjasama LIPI untuk Program by Research selain perguruan tinggi negeri lainnya. Dalam sambutannya Wakil Rektor IPB Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si., menjelaskan bahwa kerjasama ini menghidupkan kembali program by research IPB yang sempat vakum dan menyambut baik upaya LIPI mengandeng IPB untuk bekerjasama. Tak hanya itu, IPB pun secara resmi telah memberikan kesempatan kepada seluruh peneliti LIPI yang berminat untuk menjadi tenaga pengajar di IPB.

Lalu apa keunggulan program ini? Program ini memungkinkan pesertanya untuk tetap bekerja menekuni riset di institusinya sambil menempuh pendidikan magister/doktor di IPB, serta memfasilitasi peserta bersama pembimbingnya untuk mempublikasikan karya risetnya pada jurnal yang berkualitas. Selain itu, program ini merupakan salah satu upaya LIPI untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan para penelitinya yang wajib menduduki strata dua berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 34 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Peneliti.

Disisi lain program by research menjadi jalur altenatif bagi para peneliti LIPI untuk melanjutkan pendidikan magister/doktor tanpa jalur beasiswa regular yang memiliki syarat batasan usia pelamar.

Dalam sesi paparan workshop. Plt. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, Dr. Jan Rianto sangat mengapresiasi sambutan positif yg diberikan oleh IPB terkait program by research. LIPI berharap kerjasama LIPI- IPB tidak hanya sebatas di program ini, namun dapat membuka peluang kolaborasi riset maupun kerjasama lainnya yang berkelanjutan.

Kuota peserta dari program ini cukup banyak, yaitu 110 untuk program doktor dan 100 untuk program magister. Saat ini kuota baru mencapai 15% dan LIPI masih membuka kesempatan kepada para peneliti untuk segera memanfaatkan peluang emas ini. Kegiatan ini dihadiri 80 orang peserta yang terdiri dari para calon mahasiswa, para promotor, dan perwakilan dari IPB dan LIPI.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


3 × four =