“Program Indonesia Memanggil LIPI”: Siapkan SDM terlatih dalam penanganan mikroorganisme patogen SARS-CoV2

Kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak menjadi langkah efektif untuk mempercepat penanganan Covid-19. Keterbatasan SDM garda depan yang terlatih dan mumpuni untuk memerangi dampak pandemi menjadi salah satu tantangan yang harus segera dijawab.

LIPI melalui Program #IndonesiaMemanggil telah memberikan berbagai pelatihan terkait penanganan mikroorganisme patogen SARS-CoV-2.

Dengan kerja sama antarlembaga penelitian, perguruan tinggi, kementerian, BUMN, sektor swasta, dan start-up di bidang kesehatan, Program #IndonesiaMemanggil telah memberikan pelatihan tahap pertama kepada 808 peserta dari seluruh Indonesia, baik secara daring maupun luring.

Pelatihan ini dilakukan di Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) yang berada di Cibinong Science Center, dengan dipandu oleh pengajar berkompeten, baik dari dalam maupun luar negeri, yaitu LIPI, Litbangkes, INSTRAT, Asosiasi Biorisiko Indonesia (ABI), World Bio HazTech (WBHT) Singapura, dan Universitas Nottingham Inggris.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, peserta langsung bisa berkontribusi dan berperan menjadi tim garda depan dalam penanganan Covid-19, utamanya terkait deteksi virus di berbagai rumah sakit, klinik, institusi riset, dan universitas.

Berikut tayangan videonya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


1 + 8 =