PPJFP Tempa Peneliti Menjadi Produsen Iptek

Cibinong, Humas LIPI. Peneliti merupakan produsen ilmu pengetahuan yang diharapkan menjadi pelopor pembangunan nasional di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Harapan tersebut dilakukan dengan salah satu upaya melalui Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti (PPJFP). “Pelatihan PPJFP merupakan upaya untuk mempersiapkan calon peneliti untuk memulai karier sebagai pejabat fungsional peneliti pertama”, ujar Tri Budi Setyaningsih, selaku Kepala Bagian Tata Usaha Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI, saat membuka PPJFP Gelombang III pada Senin (7/10) di Kampus Pusbindiklat LIPI Cibinong.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 34 Tahun 2018 tentang, Jabatan Fungsional Peneliti dan Peraturan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti telah mengatur bahwa mengikuti PPJFP merupakan salah satu persyaratan jenjang jabatan bagi Peneliti Ahli Pertama. Tri mengungkapkan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus mengupayakan melakukan pemutakhiran berbagai instrumen untuk mendukung peran dan fungsi lembaga litbang. “Termasuk pemanfaatan fasilitas inklusif yang dapat dimanfaatkan tidak hanya diperuntukan bagi peneliti LIPI, melainkan oleh seluruh peneliti di lembaga-lembaga lain, masyarakat umum dan pihak industri melalui mekanisme kerja sama penelitian”, jelasnya.
Dirinya mengajak peserta pelatihan untuk kolaborasi dan bekerjasama untuk menghasilkan penelitian multidisiplin dengan pemanfaatan fasilitas yang ada di LIPI. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan memberikan teknik-teknik dasar penelitian khususnya dalam membuat proposal ilmiah. “Seraplah ilmu dan pengetahuan yang diberikan dalam pelatihan ini sebaik-baiknya, karena akan berguna untuk produktivitas penelitian anda nantinya”, tegasnya.
Pelatihan yang diselenggarakan mulai tanggal 7 sampai dengan 18 Oktober 2019 akan diisi dengan kegiatan belajar mengajar dan uji kompetensi yang terdiri dari bimbingan penulisan proposal penelitian serta wawancara substansi proposal penelitian.(SF/Win)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


seventeen + one =