Output Diklat

LAPORAN AKTUALISASI PESERTA LATSAR CPNS GOL. III LIPI TAHUN 2019

Langkah nyata yang dilakukan dalam menciptakan kualitas aparatur pemerintahan adalah melalui penyediaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kompeten, yang diawali dengan proses seleksi penerimaan PNS yang transparan dan akuntabel agar dapat menjaring Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang memadai dan memenuhi kriteria sesuai dengan standar kompetensi sumber daya aparatur pemerintahan yang dibutuhkan. Tahapan selanjutnya adalah pembentukan karakter PNS melalui jalur Pelatihan Dasar Calon PNS, termasuk didalamnya adalah Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III (Latsar CPNS Gol. III).

LIPI telah melaksanakan Latsar CPNS Gol. III LIPI Tahun 2019 yang bertujuan agar peserta mampu menerapkan nilai-nilai sebagai PNS profesional yang berkarakter yaitu PNS yang memiliki sikap dan perilaku disiplin, menjunjung nilai- nilai dasar PNS, dan mengetahui kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya secara profesional sebagai pelayan masyarakat sesuai prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik (good governance). Sasaran penyelenggaraan Latsar CPNS Gol. III ini adalah terwujudnya PNS yang profesional dan berkarakter sebagai pelayan masyarakat. Kompetensi yang dibangun dalam Latsar ini adalah kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional, yang diindikasikan dengan kemampuan menunjukkan sikap perilaku dan disiplin PNS, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI, dan menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas.

Latsar CPNS Gol. III LIPI Tahun 2019 dilaksanakan di Pusbindiklat LIPI dalam dua gelombang. Gelombang 1 dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret s.d. 20 Juni 2019 yang diikuti oleh 80 peserta dan dibagi menjadi 2 kelas: Kelas A sejumlah 40 peserta, Kelas B sejumlah 40 peserta. Berdasarkan evaluasi peserta, 76 peserta memperoleh nilai evaluasi yang dapat dikategorikan lulus, sementara 3 peserta memperoleh nilai kurang memuaskan sehingga harus mengikuti remedial, dan 1 orang peserta dinilai tidak memuaskan. Ketiga orang yang dalam kategori kurang memuaskan tersebut telah diberikan tugas-tugas remedial dan memperoleh nilai cukup memuaskan sehingga dapat dinyatakan lulus. Gelombang II dilaksanakan mulai tanggal 28 Juli s.d. 19 Agustus 2019 yang diikuti oleh 113 peserta dan dibagi menjadi 3 kelas: Kelas A sejumlah 39 peserta, Kelas B sejumlah 37 peserta, Kelas C sejumlah 37 peserta. Berdasarkan evaluasi peserta, 112 peserta memperoleh nilai evaluasi dengan kualifikasi Memuaskan, dan 1 peserta memperoleh nilai evaluasi dengan kualifikasi Cukup Memuaskan. Dengan demikian, seluruh peserta sebanyak 113 orang dinyatakan lulus.

Sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2018, tentang Pelatihan Dasar calon Pegawai Negeri Sipil, para peserta Latsar harus dievaluasi untuk menilai pencapaian pembentukan karakter. Evaluasi tersebut meliputi beberapa aspek penilaian yaitu sikap perilaku, akademik, aktualisasi, dan penguatan kompetensi bidang. Pengarsipan rekaman Latsar CPNS Gol. III LIPI Tahun 2019 ini disimpan melalui cloud.pusbindiklat.lipi.go.id. Hal ini dimaksudkan agar dokumen maupun rekamannya tertata secara sistematis dan tertelusur serta memudahkan pertanggungjawabannya, termasuk untuk laporan aktualisasi para peserta Latsar CPNS Gol. III Tahun 2019 yang terdokumentasi rapi di dalam Cloud Pusbindiklat LIPI.

Berikut disampaikan link Cloud untuk Laporan Aktualisasi Peserta Latsar CPNS Gol. III LIPI Tahun 2019:

  1. Laporan Aktualisasi Latsar CPNS Gol. III Gelombang 1 Tahun 2019
    http://cloud.pusbindiklat.lipi.go.id/index.php/s/HybdXza4pKqzwlV
  1. Laporan Aktualisasi Latsar CPNS Gol. III Gelombang 2 Tahun 2019
    http://cloud.pusbindiklat.lipi.go.id/index.php/s/BSGDFA4EVvO7qm1

Terima kasih.

 

LAPORAN AKTUALISASI PESERTA LATSAR CPNS GOL. III LIPI TAHUN 2018

Penyelenggaraan Latsar CPNS Gol. III LIPI Tahun 2018 diintegrasikan dengan program Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti, yang merupakan pengganti Diklat Jabatan Fungsional Tingkat Pertama (DJFP Tk.I), mengacu pada struktur kurikulum dalam Peraturan Kepala LAN Nomor 21 Tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS dan Peraturan LIPI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Peneliti Melalui Pengangkatan Pertama. Integrasi ini merupakan uji coba pertama dari peraturan jenjang diklat peneliti, dikarenakan adanya revisi dalam peraturan pembinaan peneliti. Revisi ini merupakan tindaklanjut Peraturan Pemerintah (PP) no 17 tentang Manajemen PNS.

Latsar CPNS Gol. III LIPI tahun 2018 dilaksaanakan pada tanggal 2 April – 21 September 2018 selama 1.141 jam pembelajaran (JP). Sistem pembelajarannya bersifat on dan off kampus. Adapun waktu off kampus adalah tanggal 12 Mei – 16 September 2018. Jumlah peserta keseluruhan adalah 151 orang yang terbagi dalam empat kelas yaitu kelas A sejumlah 38 peserta, kelas B sejumlah 37 peserta, kelas C sejumlah 38 peserta dan kelas D sejumlah 38 peserta. Berdasarkan evaluasi peserta maka keseluruhan peserta dinyatakan lulus semua dengan predikat memuaskan sejumlah 143 orang dan predikat cukup sejumlah 8 orang.

Penyelenggaraan Latsar CPNS Gol. III LIPI Tahun 2018 ini merupakan penggabungan antara latsar dengan pendidikan pembentukan peneliti. Pengarsipan rekamannya disimpan melalui cloud.pusbindiklat.lipi.go.id. Hal ini dimaksudkan agar dokumen maupun rekamannya tertata secara sistematis dan tertelusur serta memudahkan pertanggungjawabannya, termasuk untuk laporan aktualisasi para peserta Latsar CPNS Gol. III Tahun 2018 yang terdokumentasi rapi di dalam Cloud Pusbindiklat LIPI.

Berikut disampaikan link Cloud untuk Laporan Aktualisasi Peserta Latsar CPNS Gol. LIPI Tahun 2018:

http://cloud.pusbindiklat.lipi.go.id/index.php/s/4q4raQnXsYPiIEs

Terima kasih.

 

DIKLAT JABATAN FUNGSIONAL PENELITI TINGKAT PERTAMA

Diklat Jabatan Fungsional Peneliti Tingkat Pertama (JDFP Tk.I) mempunyai tujuan untuk memberikan bekal kepada kandidat peneliti, kompetensi yang dibutuhkan untuk jabatan Peneliti Pertama sampai dengan Peneliti Muda. Salah satu output yang wajib dihasilkan sebagai prasyarat kelulusan diklat ini adalah manuskrip artikel untuk diterbitkan di jurnal nasional.

IMG_1629

Peneliti merupakan jabatan fungsional keahlian yang membutuhkan keterampilan khusus dalam hal penulisan ilmiah, oleh karena itu pada diklat ini proses pembimbingan penulisan ilmiah mendapat porsi paling besar. Peserta dibimbing oleh peneliti madya yang telah mempunya track record penulisan ilmiah dibidangnya. Produk dari peserta DJFP Tk I dapat diakses di perpusatakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.

 

 

 

DIKLAT JABATAN FUNGSIONAL PENELITI TINGKAT LANJUTAN

jurnal-akreditasi-internasional
Gambar dari www.dkampus.com

Diklat Jabatan Fungsional Peneliti Tingkat Lanjutan (DJFP Tk. Lanjutan) mempunyai tujuan sebagai prasyarat bagi Peneliti Pertama atau Muda untuk naik ke jenjang jabatan Peneliti Madya/Utama. Salah satu output yang wajib dihasilkan sebagai prasyarat kelulusan diklat ini adalah manuskrip artikel untuk diterbitkan di jurnal internasional. Standar kompetensi yang dipersyaratkan pada jenjang tertinggi Peneliti Utama salah satunya adalah publikasi internasional. Oleh karena itu pada diklat ini peserta mendapatkan pemahaman dan strategi untuk menulis dalam Bahasa Inggris dan mampu melakukan submitting di jurnal internasional. Peserta dibimbing oleh Peneliti Madya yang telah mempunya track record penulisan ilmiah di jurnal bereputasi internasional. Produk dari peserta DJFP Tk. lanjutan ini dapat diakses di perpusatakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.

 

DIKLAT PRAJABATAN

Diklat PRAJABATAN Gol. III Pola baru bertujuan untuk menghasilkan aparatur sipil negara yang profesional dimana karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar PNS, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan publik. Nilai-nilai dasar akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi. Hasil akhir dari Diklat Prajabatan adalah laporan aktualisasi yang diseminarkan di akhir diklat. Laporan aktualisasi peserta dapat diakses di perpustakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.

 

 

 

 

 

DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

IMG_1630

Penugasan bagi peserta diklat selama off campus adalah melakukan inovasi dengan menggandeng tim efektif maupun stakeholder terkait untuk menghasilkan terobosan-terobosan dalam meaksanakan tugas fungsi yang diemban. Laporan hasil proyek perubahan dapat dilihat di Perpustakaan Pusbindiklat Peneliti LIPI.

Daftar Judul Proyek Perubahan Diklat Pimpinan Tingkat IV di Lingkungan LIPI Tahun 2017 (1390)