LIPI Tingkatkan Kompetensi Pegawai melalui Tes Potensi Akademik

Cibinong, Humas LIPI. Kegiatan pemetaan potensi akademik pegawai LIPI ini diselenggarakan sebagai bagian dari program belajar berbasis riset (degree by research) LIPI, yang bertujuan untuk memetakan potensi pegawai LIPI apabila nantinya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tes potensi akademik diikuti oleh lebih kurang 230 orang peserta, dari berbagai satuan kerja di lingkungan LIPI, ujar Nining selaku Kepala Bidang Program dan Pengembangan Profesi Pusbindiklat LIPI saat membuka Tes Pelatihan Akademik (TPA) pada Rabu,(18/12) di Ruang Auditorium Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek (PPII) LIPI. Dengan skema program belajar berbasis riset, tentunya dibutuhkan kemampuan akademis yang cukup tinggi, sehingga peserta program akan mampu melaksanakan pendidikan formal di perguruan tinggi, sekaligus melaksanakan kegiatan riset yang mendukung pendidikan formalnya tersebut, ungkap Nining.
Nining berharap ke depan, pemetaan potensi akademik pegawai akan menjadi bagian dari pengembangan kompetensi pegawai, yang perlu dilaksanakan secara reguler. Sehingga profil kompetensi pegawai dapat diketahui secara lengkap, baik kompetensi teknis maupun kompetensi manajerialnya. Lebih lanjut, pemetaan potensi akademik merupakan pelengkap dalam pemetaan kompetensi pegawai agar terwujud pola pengembangan yang terencana (by designed) bukan lagi hanya berbasis pada kesempatan (by chance).
Irsan, selaku pegawas utama Bappenas menyampaikan kegiatan TPA ini hanya sebagai pelaksana administratif dan penyelenggarakan kegiatan, dan salah satu tujuannya untuk mengukur kemampuan potensi akademik seseorang/ bisa juga jenjang pasca sarjana S2/S3. TPA dibagi dalam 3 sub tes yaitu tes, tes kuantitafi, dan tes penalaran. Setiap sub tes diberikan waktu 60 menit dan total pelaksanaan TPA selama 3 jam dan berkesinambungan tanpa henti, ujar Irsan (dr).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


2 × 1 =