LIPI Tingkatkan Kapasitas SDM Peneliti POLRI

Cibinong, Humas LIPI. Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Peneliti POLRI merupakan upaya untuk mempersiapkan calon peneliti untuk memulai karier sebagai pejabat fungsional peneliti pertama, ujar Muhammad Yunus Zulkifli, selaku Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis Manajemen Aparatur Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI, saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Peneliti POLRI pada Senin (18/11) di Kampus Pusbindiklat LIPI Cibinong.
“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM peneliti POLRI untuk melakukan penelitian sesuai dengan etika dan kaidah ilmiah yang berlaku, sehingga dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya di bidang penelitian”, ungkap Yunus.
Pusat Peneliti dan Pengembangan POLRI adalah salah satu unsur pendukung dari organisasi POLRI. Unit kerja ini memiliki tugas pokok menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian, dan pengembangan, baik dibidang pembinaan maupun operasional kepolisian. Tugas pokok tersebut diwujudkan melalui kegiatan inovasi dan rekayasa, pengawasan uji terhadap materil, fasilitas, maupun jasa yang digunakan oleh satuan kerja kepolisian lainnya dalam organisasi. LIPI merupakan instansi pembina peneliti dan senantiasa melakukan pemutakhiran berbagai instrumen untuk mendukung peran dan fungsi lembaga litbang. “Termasuk pemanfaatan fasilitas inklusif yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh peneliti di lembaga lain, masyarakat umum dan pihak industri melalui mekanisme kerja sama penelitian”, tambah Yunus.
Melalui pelatihan ini diharapkan dapat mendorong kerja sama untuk menghasilkan penelitian multidisiplin dengan pemanfaatan fasilitas yang ada di LIPI. Pelatihan yang yang berlangsung mulai tanggal 18 -22 Nopember 2019 akan diisi dengan kegiatan belajar mengajar dan uji kompetensi, termasuk bimbingan penelitian secara sistematis dengan menggunakan metodologi penelitian (win/wd/sa).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


3 × three =