LIPI Siapkan Tim yang Siap Berjibaku Deteksi Virus SARS-Cov 2

Cibinong, Humas LIPI.  Setelah sehari sebelumnya (18/8) dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI sekaligus Wakil Penanggung Jawab Gugus Tugas Pelatihan “Indonesia Memanggil” untuk Penanganan COVID-19, Dr. Atit Kanti, M. Sc., maka pada Rabu (19/8) Pelatihan Tenaga/Tim Pendeteksi Virus SARS-Cov 2 Batch 1 Kelompok 2, yang dilakukan secara off line ditutup secara resmi oleh Dian Alfian Nurcahyanto, S.Si. selaku Manajer Laboratorium Mikrobiologi, Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Program Pelatihan yang diberi nama “Indonesia Memanggil 2” ini, diselenggarakan LIPI melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI berlokasi di Pusat Penyimpanan Koleksi Mikroorganisme di Pusat Penelitian Biologi (P2 Biologi) LIPI, yakni Indonesian Culture Collection (InaCC) Cibinong Science Center yang akhirnya diikuti lima orang peserta pada saat penutupan.

Menurut Dian, pelatihan off line ini memang dibatasi hanya 16 peserta terpilih disebabkan keterbatasan tempat dan waktu serta pertimbangan physical distancing. “Kami berfikir harus memilih orang yang tepat karena peserta yang telah mengikuti kursus off line nantinya dapat terjun langsung menjadi pendeteksi virus COVID-19,” terang Dian.

Dirinya berharap agar kedepannya tim deteksi yang telah menyelesaikan pelatihan akan siap berjibaku turun ke lapangan sehingga semakin banyak dapat membantu negara guna menekan laju penyakit COVID-19,” tutur Dian penuh harap. “Semoga peserta mendapat ilmu yang bermanfaat dari pelatihan ini dan semoga pandemik COVID-19 akan selesai, “ imbuhnya.

Pelatihan pada hari kedua berlangsung sejak pagi hingga sore hari dengan materi-materi antara lain: materi briefing RT-PCR dan analisisnya, Praktek RT-PCR dan penggunaan software dan analisis hasil RT-PCR dipandu beberapa instruktur terlatih yakni Desriani  (Peneliti Bioteknologi -LIPI),  Dwi Setyo Rini (Peneliti Biologi-LIPI), Rini Riffiani (Peneliti Mikrobiologi-LIPI) dan Anika Prastyowati (Peneliti Bioteknologi -LIPI).

Sebagai informasi  Pelatihan Penanganan SARS-Cov 2 akan dilanjutkan kembali pada Senin (24/8) hingga Selasa (25/8) untuk Batch 1 Kelompok 3, masih di tempat yang sama di InaCC,  Pusat Penelitian Biologi LIPI, Kompleks Cibinong Science Center yang akan diikuti sebanyak delapan peserta sesuai yang tertera dalam surat pemanggilan peserta tanggal 13 Agustus 2020. (SHF ed SL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


one + 20 =