Penutupan Pelatihan Dasar CPNS 2019

Cibinong, Humas LIPI. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko mengucapkan selamat kepada 113 pesera Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) LIPI Gelombang II tahun 2019 yang telah berhasil lulus.
Abad ini ditandai dengan berbagai dinamika perubahan yang cepat dan tidak bisa dihindari. Perubahan harus dihadapi secara cerdas dengan menciptakan inovasi-inovasi yang menjadi solusi bersama. Latsar adalah wahana pembentukan sikap CPNS agar mampu merespon kondisi lingkungan eksternal yang penuh dengan berbagai dinamika perubahan melalui penerapan nilai-nilai yang telah diberikan, ucap Handoko pada sambutan penutupan Latsar CPNS LIPI, Kamis (19/9) di Cibinong.
Dirinya menjelaskan misi utama latsar adalah pembentuk karakter PNS yang profesional, dimana integritas, semangat pengabdian, etika keilmuan, serta sikap dan perilaku menjadi parameter yang paling utama dalam transformasi institusional yang tengah dilakukan LIPI saat ini. Pada hakikatnya ini adalah upaya untuk meningkatkan produktivitas dan peran LIPI dalam pembangunan nasional melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan. Upaya tersebut kita ditempuh melalui penajaman fokus tugas dan fungsi satuan kerja, pembinaan karier SDM dan manajemen bakat, serta mengoptimalkan aset-aset dan sumber daya LIPI sebagai “open source platform” bagi seluruh sivitas IPTEK baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Upaya ini diharapkan dapat menjadi magnitude bagi tumbuhnya kolaborasi dan produktivitas luaran ilmiah, serta terjadinya integrasi ekonomi dan pengetahuan yang progresif sehingga peran dan kinerja LIPI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.
WhatsApp Image 2019-09-19 at 10.56.55
Iptek adalah landasan kehidupan. Kita dituntut berbasis iptek untuk dapat maju dan menapak masa depan yang lebih baik. Sejak dulu LIPI berkomitmen tidak hanya menjadi pelopor Iptek, namun menjadi pelopor reformasi birokrasi dan sistem evaluasi paten tersebesar. Ini hanya sebagian kecil dari prestasi LIPI, ke depan prestasi lain menjadi tantangan yang harus dijawab oleh CPNS, tutur Handoko
Selain itu, Handoko berpesan bahwa PNS LIPI harus menjadi agen perubahan, pembentuk karakter profesional dan etika keilmuan. Termasuk responsif menghadapi berbagai dinamika dengan mengedepankan riset sebagai kompetensi utama LIPI
Ragil Yoga Edi selaku Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Pusbindikat LIPI menyampaikan bahwa sesuai peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar CPNS evaluasi kelulusan dilakukan secara ketat dan tidak dimungkinkan CPNS dapat lulus dengan minimal nilai 70 di setiap komponen penilaian.
Sebagai informasi pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada Iskandar Azmy Harahap (Pusat Penelitian Oseanografi),Gagus Ketut Sunnardianto (Pusat Penelitian Kimia) dan Ria Jayanthi (Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Iptek) sebagai peserta terbaik. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Gumilar Utamas Nugraha (Pusat Penelitian Geoteknologi) dan Ayu Shabrina ( Pusat Penelitian Informatika) sebagai peserta terfavorit.(DR/edt.KS).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


17 − two =