Kolaborasi Riset, Pondasi Sinergi Litbang

Cibinong, Humas LIPI. Pusbindiklat LIPI kembali menyelenggarakan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti (PPJFP) Gelombang III pada Senin (10/2) di Kampus Pusbindiklat LIPI Cibinong. Dalam sambutannya Nining Setyowati D.A., selaku Kepala Bidang Program dan Pengembangan Profesi, Pusbindiklat LIPI mengharapkan peserta dapat menjadi peneliti yang profesional. PPJFP ini adalah upaya untuk peningkatan kompetensi peneliti sehingga mampu mengarahkan fungsi dan kegiatan risetnya untuk mendukung pengelolaan sumber daya yang ada.
Di masa yang akan datang calon peneliti wajib beradaptasi dengan regulasi dan mengkoneksikan kegiatan riset sebagai target outputnya. Kolaborasi riset perlu diperluas sebagai pondasi untuk mewujudkan sinergi litbang. “Harapannya ASN dituntut untuk bertanggung jawab terhadap kewajibannya. Tanggung jawab adalah bentuk kesadaran diri. LIPI harus focus dengan risetnya selain kegiatan penelitian berpikir sesuai kompetensi,” ujar Nining.
Arvita Rosmawati, selaku Kepala Subbidang Bidang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional, menyampaikan tujuan pelatihan adalah agar peserta memiliki kompetensi dalam merancang proses penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagai peneliti ahli pertama berdasarkan peraturan perundang-undangan Sedangkan sasaran pelatihan adalah agar peneliti mampu melaksanakan tugas dan fungsi Jabatan Fungsional Peneliti sesuai jenjang jabatannya dengan menerapkan etika peneliti dan penelitian. Selain itu dapat terpenuhinya kompetensi dasar untuk menduduki Jabatan Fungsional Peneliti Ahli Pertama sesuai kebutuhan bidang tugasnya.
PPJFP Gelombang III ini akan dilaksanakan mulai tanggal 10-21 Februari 2020. Pelatihan ini berisi tentang kompetensi teknis penelitian, manajemen penelitian, sosial kultural dalam tim penelitian, etika dan perilaku, dan pengembangan karir sebagai pejabat fungsional peneliti.
Sebagai informasi, pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta dari beberapa satuan kerja yang ada di lingkungan LIPI, yaitu Kedeputian Ilmu Pengetahuan Kebumian, Kedeputian Ilmu Pengetahuan Teknik dan Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati (dr/ed.sa).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


one × one =