Integrasi Pelatihan Dasar dan Diklat Pengangkatan Pertama Jabatan Fungsional Peneliti

Cibinong, 10 April 2018 bertempat di Ruang Auditorium Pusat Inovasi Kompleks Cibinong Science Center-BG, Kepala Pusbindiklat Peneliti-LIPI, Prof. Dr. Ir. Dwi Djoko Setyono, M.Sc. memberikan sambutan dan penjelasan Peraturan LIPI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional Peneliti (JFP) melalui Pengangkatan Pertama yang dihadiri sebanyak 120 orang dari 44 perwakilan LPNK/Instansi.
Kapusbindiklat Peneliti-LIPI menyampaikan dasar hukum dari kegiatan sosialisasi ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Peraturan Kepala LAN No. 25 tahun 2017 tentang pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III. Diterbitkannya peraturan ini menjadi terobosan bagi LIPI sebagai instansi pembina JFP yang pertama kalinya mengintegrasikan pelatihan dasar (latsar) CPNS dengan diklat pengangkatan pertama JFP bagi 153 CPNS LIPI.
Kurikulum penggabungan diklat ini telah diatur sedemikian rupa, sehingga peserta dapat memenuhi kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural sesuai standar kompetensi yang telah diatur oleh instansi pembina. Syarat Pengangkatan dalam JFP melalui pengangkatan pertama, antara lain; untuk mengisi kebutuhan JFP melalui pengadaan calon PNS (CPNS), melalui pelatihan pembentukan JFP yang diakui sebagai uji kompetensi, pelatihan pembentukan JFP (pelatihan pembentukan JFP tergabung dengan pelatihan dasar (latsar) CPNS, pelatihan pembentukan JFP terpisah dengan latsar CPNS.
Pelatihan Pembentukan JFP tergabung dalam latsar CPNS, yaitu: 1). Diklat Terintegrasi (Latsar Gol III + Kompetensi Bidang/Substantif (sesuai dengan fungsional 2018) 2). Mata Pelatihan On Campus 3). Mata Pelatihan Off Campus. Tenaga Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti, yaitu : 1). Tergabung Latsar (Fasilitator/Widyaiswara, Penguji, Coach, Mentor dan Evaluator). 2). Terpisah Latsar (Fasilitator/Widyaiswara, Penguji, Pembimbing & Evaluator).
Kesempatan ini dapat dimanfaatkan Kementerian/LPNK untuk menyelenggarakan latsar terintegrasi dengan pelatihan pembentukan peneliti di instansi masing-masing dengan tetap berkoordinasi dengan instansi pembina JFP. LIPI dapat memberikan kewenangan penyelenggarkan dengan tetap memperhatikan ketentuan yang telah diatur pada peraturan yang telah disosialisasikan pada hari ini. Di akhir penjelasan aturan Kapusbindiklat Peneliti_LIPI membuka ruang diskusi dan sesi tanya jawab yang di pandu oleh Kepala Bidang Program, kerjasama dan Evaluasi sebagai moderator.

Materi paparan sosialisasi dapat diunduh pada link berikut ini: 01. Sosialisasi Peraturan LIPI no 03 Tahun 2018 (1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


3 × 5 =