”Indonesia Memanggil-2”, Program LIPI Tangani COVID-19

Cibinong, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) melaksanakan Pelatihan Tim Pendeteksi virus SARS-Cov 2 di Pusat Penyimpanan Koleksi Mikroorganisme di Pusat Penelitian Biologi (P2 Biologi) LIPI, yakni Indonesian Culture Collection (InaCC) Cibinong Science Center, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada program “Indonesia Memanggil 2” di Cibinong (18 -19/8).

Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI sekaligus Wakil Penanggung Jawab Gugus Tugas Pelatihan “Indonesia Memanggil” untuk Penanganan COVID-19, Dr. Atit Kanti, M. Sc mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh LIPI untuk membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19. “Salah satu tugas yang ditugaskan kepada Pusat Penelitian Biologi adalah menjadi tempat untuk pelatihan secara off line demi melatih teknisi atau kader-kader menjalankan proses deteksi   Penanganan COVID-19  pada kegiatan Indonesia Memanggil,” terang Atit

Atit menjelaskan, menurut perhitungan matematis, vaksin selesai awalnya Mei, namun ternyata sampai saat ini belum ditemukan. Menurut ahli epidemologi penyebaran virus ini  trendnya semakin naik. “Kami menyiapkan instruktur yang  professional dibidangnya,  ke depan jika peserta mau berkonsultasi setelah pelaksanaan pelatihan, para fasilitator sangat terbuka,” paparnya.

“Jangan lelah, manfaatkan kesempatan ini, jika dibutuhkan oleh negara, kalian sudah siap!,” ujar Atit dengan antusias. “Saya yakin ilmu ini sangat bermanfaat. Mudah-mudahan apa yang dilakukan hari ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga usaha dari LIPI ini dapat membantu Pemerintah dalam  menangani COVID-19 ,” harap Atit.

Pelatihan diikuti oleh peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi, Kementerian, dan Umum. Untuk pelatihan off line, dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, dan hanya diikuti enam orang peserta. Pelatihan Deteksi SARS-Cov-2 akan dilaksanakan selama dua hari  (18- 19/8) yang akan disampaikan oleh para narasumber, yakni: Dian Alfian (Peneliti Biologi-LIPI), Endah Puji S. (Peneliti Bioteknologi-LIPI),  Desriani  (Peneliti Bioteknologi -LIPI),  Dwi Setyo Rini (Peneliti Biologi-LIPI), Rini Riffiani (Peneliti Mikrobiologi-LIPI) dan Anika Prastyowati  (Peneliti Bioteknologi-LIPI).

Pada hari pertama (18/8), peserta diajarkan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), briefing penanganan Spill, dan dilanjutkan dengan simulasi penanganan Spill. Pada siang harinya dilanjutkan dengan briefing Extrasi RNA serta simulasi Extrasi RNA. Sementara hari kedua (19/8), diisi dengan materi briefing RT-PCR, simulasi RT-PCR deteksi SARS-Cov-2, dan simulasi penggunaan software dan analisis hasil RT-PCR.  (Yl ed Sl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


2 × 4 =