Diklat Kepemimpinan IV BATAN Resmi di Tutup

Cibinong, Humas LIPI. Diklat Kepemimpinan IV (Diklatpim IV) BATAN resmi ditutup pada Jumat (29/11) di Kampus Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI. Hasil evaluasi pembelajaran menyatakan seluruh peserta yang berjumlah 30 orang dinyatakan lulus dengan predikat baik.

Widya Yusi Samirahayu, M., selaku Kepala Bidang Tata Usaha Pusbindiklat LIPI mewakili Plt. Kapusbindilat LIPI menyampaikan kompetensi yang dibangun pada Diklatpim IV ini adalah kompetensi kepemimpinan operasional. Kompetensi ini meliputi kemampuan perencanaan kegiatan instansi dan implementasi dengan beberapa indikator. Indikator yang dimaksud adalah karakter dan sikap perilaku integritas kepada instansi, perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi, kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola organisasi, inovasi sesuai bidang tugas, optimalisasi seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal dalam implementasi kegiatan unit instansi

Selanjutnya Widya menjelaskan bahwa Diklatpim IV telah selesai dilaksanakan dalam 3 Tahap, Tahap 1 (19 Agustus-14 September 2019), Tahap 2 (23-25 September 2019), dan Tahap 3 (25-29 November 2019). “Proses pembelajaran terdiri dari satu kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, tahap membangun komitmen bersama, tahap merancang perubahan dan membangun tim, tahap laboratorium kepemimpinan dan tahap evaluasi. Sedangkan metode yang digunakan dalam proses Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah ceramah, sumbang saran (brainstorming), studi kasus, diskusi, visitasi, benchmark ke best practise, coaching/bimbingan on dan off campus, penulisan proyek perubahan, seminar/presentasi individu”, jelasnya.

Dirinya memaparkan Diklatpim IV bertujuan membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing

Pada akhir penutupan diklat diumumkan sepuluh besar peserta diklat berturut-turut dari peringkat pertama hingga sepuluh yaitu Kingkin Widiastuti, S.A.P, Tri Hastuti, S.E, Dwi Agus Wrihatno, S.Kom, Anik Purwaningsih, S.Si., Suparno, A.Md., Wiwin Mailana, M.Farm., Jumadiono, S.ST., Sunari, S.T., Dany Poltak Marisi S.T., M.Si, Edy Surojo, S.ST. (win/ed.sl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


3 × 3 =