Diseminasi Peraturan Jabatan Fungsional Peneliti & Workshop Peningkatan Kompetensi Peneliti Daerah

Pusbindiklat Peneliti LIPI sebagai unit kerja LIPI yang mempunyai tugas melaksanakan pembinaan administrasi Jabatan Fungsional Peneliti (JFP) di Indonesia, merasa perlu untuk melakukan diseminasi peraturan JFP yang telah ditetapkan oleh Kepala LIPI melalui sosialisasi untuk peningkatan kompetensi peneliti daerah. Pada tahun 2016, Pusbindiklat Peneliti LIPI mempunyai program untuk melakukan kegiatan tersebut yang telah berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 27-28 Oktober 2016 dan akan kembali dilaksanakan di Makassar pada tanggal 17-18 November 2016.

Pusbindiklat Peneliti akan mendesiminasikan peraturan-peraturan JFP dan implementasinya. Pemahaman tentang manajemen litbang, standar kompetensi, dan penilaian hasil kerja melalui penilaian angka kredit serta peraturan terbaru terkait Bidang Kepakaran dan Akreditasi Scientific Publishing Houses akan disosialisasikan pada kegiatan ini. Sebagai pembina JFP, Pusbindiklat Peneliti LIPI juga ingin mendengar aspirasi dari peneliti daerah terkait kajian KEPMENPAN & RB 128/M.PAN/9/2004 tentang Jabatan Fungsional Peneliti dan Angka Kreditnya berdasarkan Undang- Undang Aparatur Sipil Negara No. 05 Tahun 2014. Tim akan memaparkan draf kajian KEPMENPAN & RB terkait Standar Kompetensi dan Penilaian Hasil Kerja, serta Roadmap Pengembangan Kompetensi yang harus dipahami oleh semua pihak. Masukan dan saran dari peserta akan menjadi bahan pertimbangan kami dalam penyusunan PERMENPAN & RB tentang Jabatan Fungsional Peneliti dan Angka Kreditnya pada tahun 2017 mendatang.

Berdasarkan hasil kuesioner kebutuhan peningkatan kompetensi daerah yang telah kami sebar, sebagian besar kebutuhan diseminasi informasi para peneliti adalah peningkatan kemampuan ICT terkait beberapa aplikasi elektronik yang diwajibkan untuk peneliti, antara lain Open Journal System/ OJS dan e-Peneliti.  Perkembangan jurnal elektronik yang menjadi syarat wajib dalam akreditasi jurnal telah membawa perubahan baru, dimana peneliti sebagai penulis – harus memahami tatacara mendaftarkan naskah dalam suatu jurnal. Penulis harus menguasai aplikasi gaya selingkung, memahami kewajiban serta hak yang diberlakukan dalam OJS. Pada kesempatan ini, Pusbindiklat Peneliti LIPI akan memberikan bimbingan teknis kepada peneliti dalam posisi sebagai penulis naskah. Sedangkan untuk pengelola jurnal elektronik telah terakomodir pada Diklat Teknis OJS dan program pendampingan ke setiap jurnal.

Terkait inovasi layanan pengusulan Angka Kredit JFP, yang dikenal dengan nama e-peneliti, pada kesempatan ini akan diberikan bimbingan teknis secara intensif untuk peneliti sehingga segera mengimplementasikan sesuai aturan surat edaran Kepala LIPI bahwa mulai Mei 2017 seluruh proses penilaian angka kredit JFP harus melalui layanan e-peneliti. Kami juga akan memperkenalkan inovasi layanan baru Sistem Informasi Permohonan Narasumber (SIPENA) yang masih membutuhkan masukan dan saran dari pengguna sistem ini, sehingga lebih sesuai dan bermanfaat bagi user.

Pusbindiklat Peneliti LIPI menegaskan kembali, bahwa kegiatan yang dilakukan GRATIS dan dapat diikuti oleh peneliti sesuai dengan wilayahnya. Kami tidak memberikan pergantian biaya perjalanan bagi peserta. Kepada calon peserta harap selalu waspada dan berhati-hati terkait penipuan berkedok sosialisasi yang mengatasnamakan Pusbindiklat Peneliti LIPI. Tidak pernah ada proses permintaan nomor rekening maupun transfer melalui atm yang dilakukan oleh pihak Pusbindiklat Peneliti LIPI. Untuk pertanyaan lebih lanjut terkait acara ini, hanya dilayani melalui email resmi  pusbindiklat@mail.lipi.go.id

Lampiran Undangan Makassar :

Undangan Diseminasi Peraturan Jabatan Fungsional Peneliti & Workshop Peningkatan Kompetensi Peneliti Daerah (121)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*



one + 7 =