LIPI Serahkan Surat Keputusan Pemberian Kewenangan dan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

Selasa, 2 November 2017- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Peneliti-LIPI, kembali memberi perpanjangan Pemberian Kewenangan Penilaian Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Peneliti (PKP-PAK-JFP) selama dua tahun hingga tahun 2019 kepada dua instansi yang telah habis masa akreditasinya di tahun 2017, yakni Kementerian Kesehatan dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Surat Keputusan (SK) Kepala LIPI dan Sertifikat diserahkan oleh Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono didampingi Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI, Prof. Dr. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc., kepada Kepala Bagian Hukum Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Kesehatan: Bambang Widodo, S.E., M.Sc dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Organisasi dan Hukum LAPAN Dra. Anie Retnowati. Pemberian kewenangan tersebut adalah kewenangan dalam menilai Jabatan Fungsional Peneliti mulai dari Kandidat Peneliti hingga jenjang Peneliti Muda III/d melalui Tim Penilai Peneliti Instansi (TP2I) masing-masing. Sampai saat ini (tahun 2017) terdapat 10 (sepuluh) instansi yang telah mendapatkan kewenangan dari total 42 instansi yang memiliki peneliti.

Bersamaan dengan acara pemberian kewenangan juga dilaksanakan Penyerahan SK Kepala LIPI dan Sertifikat Akreditasi Majalah Ilmiah Periode I Tahun 2017 yang telah mempersyaratkan usulan akreditasi baru maupun ulang sudang menggunakan sistem jurnal elektronik. Total 16 usulan jurnal dari berbagai instansi dan organisasi profesi yang melakukan usulan akreditasi baru dan ulang yang terdiri dari 3 terbitan berkala ilmiah akreditasi baru dan 13 terbitan berkala ilmiah akreditasi ulang dengan hasil 15 terbitan berkala ilmiah memenuhi syarat Terakreditasi berlaku selama lima tahun dan 1 terbitan berkala ilmiah tidak memenuhi syarat Terakreditasi serta terdapat terbitan berkala ilmiah yang dicabut akreditasinya karena tidak melakukan kewajiban reakreditasi (akreditasi ulang) pada akhir masa berlaku akreditasi yang diperoleh sebelumnya. SK dan Sertifikat Akreditasi diserahkan oleh Sekretaris Utama LIPI didampingi Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI, dan Ketua Panitia Penilai Majalah Ilmiah (P2MI-LIPI) LIPI: Prof. Dr. Lukman Hakim, M.Sc., kepada perwakilan 15 Redaksi Terbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi LIPI.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula SK Kepala LIPI untuk 2 terbitan berkala ilmiah yang memeperoleh capaian bereputasi internasional yaitu: Atom Indonesia (dari BATAN); karena telah terindeks Scopus, sehingga mendapatkan penghargaan dalam penilaian angka kredit 40 AK; dan Indonesian Journal of Forestry Research (dari KLHK), yang mendapatkan penghargaan 35 AK. Sampai dengan bulan Oktober 2017 ini, jumlah keseluruhan terbitan berkala ilmiah yang terakreditasi adalah 196 jurnal. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari periode sebelumnya, yaitu 195 jurnal, karena: terdapat penambahan jurnal baru yang terakreditasi sebanyak 3 jurnal, namun mengalami pengurangan sejumlah 1 jurnal tidak lolos akreditasi ulang, dan 1 jurnal dicabut akreditasinya. (SL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*


five × 5 =